Blogger Widgets Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015 Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015: Glow In The Dark Road ( Jalan Raya yang Menyala di Dalam Gelap )

Search Engine

Jumat, 08 Januari 2016

Glow In The Dark Road ( Jalan Raya yang Menyala di Dalam Gelap )


Bismillahirrohmaanirrohiimi …
Untuk postingan kali ini admin mau berbagi mengenai sebuah teknologi glow in the dark road ( jalan raya yang menyala di dalam gelap ) yang admin pernah lihat di TV lebih tepatnya di sebuah acara berita di TV, okay kita langsung aja ke topik pembahasan yang akan admin paparkan.
Glow in the dark road  atau dalam bahasa kita biasa disebut ‘Jalan raya yang menyala di dalam gelap’ berarti tanpa bantuan lampu jalan ya ? iyalah kan jalannya yang menyala. Hmmm mungkin ya buat sebagian orang berpikir masa sih jalan menyala tanpa bantuan lampu jalan dan admin pun sempat berpikir hal seperti itu gak mungkin terjadi.
Namun dengan perkembangan jaman yang semakin memajukan teknologi untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia admin pun berubah pikiran. Kalau kata dosen ISBD saya sih ‘Manusia akan berkembang karena mereka memiliki akal budi untuk berpikir’ dan ternyata hal itu memang benar adanya.
Buktinya seperti munculnya teknologi glow in the dark road  ini, teknologi ini dapat di ciptakan karena perpaduan antara teknologi dan seni. Dan kerennya lagi teknologi ini adalah teknologi glow in the dark road  pertama di dunia, memang ya manusia itu tidak pernah dan selalu haus akan teknologi.
Teknologi  glow in the dark road  ini merupakan green teknologi, karena bisa menghemat energi karena menggantikan fungsi lampu jalan. Bayangkan saat ini saja biaya untuk menghasilkan energi saja sudah sangatlah mahal apalagi 30 tahun atau 50 tahun kedepan. Berapa besar energi yang dihemat yang otomatis juga menghemat dana yang sangat besar yang bisa dialihkan untuk kesejahteraan umat manusia. Kedepannya teknologi ini akan menggantikan fungsi lampu jalan, karena lampu jalan akan dipadamkan untuk menghemat biaya.
Teknologi glow in the dark road  ini sebenarnya memformulasikan sebuah cat yang dapat menyala dalam gelap dan dirancang untuk dapat  menyerap energi matahari (recharge) pada siang hari yang dapat diaplikasikan ke jalan raya. Teknologi yang digunkan merupakan berupa cat yang mengandung bubuk yang akan menyala perlahan-lahan mengeluarkan sinar hijau di malam hari setelah menyerap cahaya siang hari. Kemampuan cahaya yang dihasilkan bisa hingga delapan jam dan dapat menggantikan fungsi dari lampu jalan memberikan penerangan yang diperlukan. Teknologi  ini juga dipercaya sangat bermanfaat jika digunakan di daerah-daerah pinggiran kota, yang biasanya memiliki akses penerangan yang terbatas.
Teknologi ini sebenarnya sudah hadir di sebelah tenggara Amsterdam Negeri Belanda dan tentunya sudah diaplikasikan di jalan raya dan hasilnya sudah tidak bisa kita pungkiri lagi karena teknologi ini sudah bisa dikatakan sebagai pengganti lampu jalan.
            Dan tentunya tujuan dari diciptakannya teknologi ini yaitu untuk menghemat energy dan juga untuk keselamatan di jalan serta menciptakan dunia yang lebih mandiri dan interaktif, alternatif yang dapat dipakai secara berkesinambungan dimana fasilitas lampu konvensional tidak tersedia. Sehingga sangat cocok digunakan di Indonesia, dimana penerangan jalan masih sangat minim menimbulkan tingkat kriminalitas dan kecelakaan di jalan raya  tinggi sehingga hal tersebut dapat terminimalisir.

Sumber Gambar : https://www.google.com

Sumber Gambar : https://www.google.com


Cukup sekian artikel yang dapat admin paparkan mengenai Teknologi glow in the dark road, mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang tepat dari postingan kali ini.

Tidak ada komentar: