Blogger Widgets Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015 Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015: Jawaban Ujian Akhir Semester

Search Engine

Jumat, 08 Januari 2016

Jawaban Ujian Akhir Semester

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
GANJIL 2015/2016
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER SUMEDANG

Nama : Heri Kuswanto
NPM  : A2.1500047
Kelas : TI-1CK

1. Mengapa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi sangat diperlukan oleh suatu organisasi/perusahaan/instansi ?
      Jawaban :
   Menurut saya pribadi, Sistem Informasi dan Teknologi Informasi sangatlah diperlukan karena setiap organisasi/perusahaan/instansi pastinya memiliki tugas dan misi yang harus dicapai dengan waktu yang ditentukan. Nah, disinilah pentingnya Sistem Informasi dan Teknologi Informasi yaitu untuk memenejemen semua kegiatan mau dalam bidang keuangan atau apapun. Alasan lainnya adalah jika pada jaman sekarang masih saja melakukan pekerjaan secara manual terutama jika dilakikan di suatu organisasi/perusahaan/instansi maka akan memakan waktu yang sangat lama dan nantinya misi yang harus dicapai setiap organisasi/perusahaan/instansi tidak akan terwujud dan melenceng dari misi yang mungkin mengakibatkan perusahan itu jatuh, oleh karena itulah  Sistem Informasi dan Teknologi Informasi sangatlah diperlukan untuk memudahkan dan memaksimalkan suatu pekerjaan.

2. Berikan 1 contoh studi kasus (sebutkan objek tempat) yang menunjukkan bahwa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi diperlukan! Jelaskan keunggulan dan kelemahan dengan adanya SI & TI pada organisasi/perusahaan/instansi tersebut !
      Jawaban :
   Contohnya studi kasus di Mall Jatinangor Town Square yang menerapkan system parkir berbayar tergantung berapa lama seseorang itu berada. Disini sudah menggunakan teknologi yang cukup satukali tekan keluar berupa kertas dari jam berapa orang tersebut datang ke tempat parkir, dan ketika orang itu keluar dari tempat parkir hanya cukup dengan menyetorkan kertas tersebut ke tempat menyetorkan kertas itu yang nantinya akan muncul berapa biaya yang harus kita bayar dan kita akan mendapat kertas hasil pembayaran.
      Kampus saya yaitu STMIK Sumedang juga sudah menerapkan system Log in mahasiswa untuk mencari informasi seperti jadwal kuliah, biaya sks yang belum dibayar, ataupun nilai UAS dan lainnya. Jika hal-hal tersebut dilakukan secara manual tentu akan memekan waktu yang lama karena banyaknya mahasiswa.
      Dari studi kasus tersebut :
·        Keunggulan :  1. Mempermudah suatu pekerjaan.
                           2. Tidak membuang banyak waktu.
                           3. Lebih efektif dalam penulisan data.
                           4. Tidak akan sulit untuk mencari informasi.
·        Kelemahan  :   1. Jika terjadi eror maka bisa saja merugikan pengguna.
                           2. Kurang ramah lingkungan jika kertas hasil pembayaran dibuang dimana saja.
                           3. Jika dengan kertas akan mudah hilang.
                           4. Jika listrik padam maka kita tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut.

3. Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang Konsep Dasar Komputer ? Berikan satu contoh penerapannya !
      Jawaban :
      Konsep dasar dari komputer yaitu ribuan atau jutaan komponen alat-alat elektronik yang dapat bekerja sama satu sama lain yang membentuk suatu system operasi untuk menoprasikan suatu input yang di proses menjadi suatu output tertentu dengan rapi dan teliti. Dan sistem ini dapat digunakan untuk dimanfaatkan oleh manusia (sebagai pengguna atau user) untuk melakuakan suatu pekerjaan dengan mudah dan rapi serta teliti secara otomatis berdasarkan urutan intruksi yang diberikan oleh pengguna atau user.

4. Di teknologi masa yang akan datang, apabila kalian menjadi seorang ahli IT, alat teknologi apa yang akan kalian rancang dalam bidang pertanian ? Jelaskan secara detail cara kerja alat tersebut !
      Jawaban :
      Saya akan membuat sebuah alat yang dilengkapi software didalamnya untuk mengefektifkan kinerja dari alat ini.
      Jika menjadi seorang ahli IT saya akan mencoba membuat sebuah alat khusus pertanian yang fungsinya untuk melacak jenis hama, jenis penyakit dari tanaman, atau apapun yang berhubungan dengan tanaman setelah itu alat ini akan mencari solusi untuk memusnahkan hama dan obat untuk penyakit tanaman dengan bantuan software yang ada didalam alat ini. Alat ini hanya melacak saja sebuah permasalah tentang tanaman adapun untuk tingkat lanjutnya dilakukan secara manual oleh petani. Bisa disebut dokternya tanaman untuk alat ini.
      Untuk cara kerjanya :
      Pertama, Alat ini mungkin dalam bentuknya tidak jauh berbeda dengan Handphone ( segiempat ) namun pada bagian camera akan seperti proyektor yang menyorotkan cahaya yang fungsinya melacak permasalahan pada tanaman.
      Kedua, kita aktifkan software untuk melacak penyakit misalnya. Dalam alat ini jika melacak hama dan penyakit menggunakan beda software jadi tergantung apa yang ingin kita ketahui.
     Ketiga, ketika sudah aktif maka secara otomatis kamera akan menyorotkan cahaya dan arahkan ke tanaman yang bermasalah lalu lihat dimonitor alat ketika sudah terlacak makan akan muncul permasalan pada tanaman tersebut.
      Keempat, ketika sudah terlacak maka petani tinggal melakukan yang harus mereka lakukan sesuai apa yg di intruksikan alat.

5. Mengapa Hardware dan Software bisa bekerja sama dalam sebuah computer ? Sementara dilihat dari fisiknya Hardware dan Software bertolak belakang ?
      Jawaban :
     Karena Hardware dan software saling bekerja sama satu sama lain untuk mengahasilkan output atau data yang kita inginkan. Pada intinya jika sebuah komputer tidak memiliki software maka computer tidak akan beroprasi dengan baik dan begitu sebaliknya.

6. Mengapa database dibutuhkan pada suatu aplikasi ?
      Jawaban :
    Karena dengan adanya database ini nantinya data pengguna jika mengoprasikan suatu aplikasi maka dengan database ini maka data pengguna akan tersimpan dengan rapi dan tepat.

7. Dalam merakit sebuah komputer, jelaskan 3 kondisi seperti apa saja ketika harus memasang hardware tambahan pada slot peripheral !
      Jawaban :
 1. Ketika kita ingin menambah kualitas grafis pada komputer kita dengan menambahkan VGA eksternal pada slot peripheral.
       2. Ketika kita ingin mendapatkan kualitas suara atau audio yang jernih maka kita cukup menambahkan  sound card pada slot peripheral.
     3. Ketika kita ingin menghubungkan satu computer ke computer lain nya secara local kita cukup memasang LAN card pada slot peripheral.

Tidak ada komentar: