Blogger Widgets Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015 Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015: Makalah Perkembangan Teknologi Dan Informasi ( Tugas Individu )

Search Engine

Jumat, 08 Januari 2016

Makalah Perkembangan Teknologi Dan Informasi ( Tugas Individu )

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Diajukan untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi
Prodi Teknik Informatika


Di susun oleh :
Heri Kuswanto
A2.1500047
TI – 1CK

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
Jalan Angkrek Situ No. 19 Sumedang
2015







KATA PENGANTAR
          Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta berkah-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahlimpahkan kepada baginda Rasulullah SAW beserta keluarganya, sahabatnya dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer. Di samping itu, penulis menyadari bahwa pembuatan makalah ini jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan penulis. Dengan segala kekurangan mudah-mudahan karya tulis ini dapat bermanfaat khususnya secara pribadi dan pembaca umumnya.
Dengan terselesaikannya Makalah ini, penghargaan yang tulus penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berjasa dalam penulisan makalah ini, terutama kepada:
1.      Bapak Deris Santika S.Kom. selaku dosen Pengantar Teknologi Informasi
  1. Seluruh dosen STMIK Sumedang atas segala ilmu yang telah diberikan kepada penulis.
  2. Seluruh mahasiswa STMIK Sumedang khususnya prodi TI – 1CK yang telah membantu banyak hal atas terselesaikanya makalah Ini.
4.      Kedua orang tua tercinta yang senantiasa mendukung dan memberi semangat kepada penulis.
5.      Semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam proses pembuatan makalah.
               Hanya do’a sebagai ucapan terima kasih yang dapat penulis panjatkan kepada Allah SWT, semoga kebaikan dari semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan skripsi ini mendapatkan balasan yang berlipat ganda.
Amin Ya Allah, Ya Robbal ‘Alamiin.

                Sumedang, 20 Oktober 2015


                                                                                                      Heri Kuswanto








DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..........................................................................................
Daftar Isi ....................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN...........................................................................
           1.1 Latar Belakang.............................................................................
           1.2 Rumusan Masalah........................................................................
           1.3 Tujuan Pembahasan......................................................................
           1.4 Sistematika Pembahasan ..............................................................
BAB II PEMBAHASAN............................................................................
           2.1 Definisi Teknologi Informasi..........................................................
           2.2 Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi..................................
           2.3 Dampak Perkembangan Teknologi Informasi.................................
BAB III PENUTUP......................................................................................
           3.1 Kesimpulan...................................................................................
           3.2 Saran...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................







BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi telah berkembang sangat pesat hingga sekarang. Dulunya banyak daerah-daerah terpencil yang tidak terjamah oleh teknologi, kini dapat merasakan juga teknologi informasi yang beredar saat ini. Kini kita dapat menikmati teknologi informasi dimana saja yang kita mau.
Teknologi informasi sebenarnya sudah hadir sejak dahulu. Dulu manusia menciptakan teknologi karena dorongan agar hidup lebih baik sehingga mendorong manusia untuk membuat sebuah teknologi yang dapat membantu mereka dalam hal pekerjaan. Sehingga munculnya teknologi hingga sekarang.
Saat ini teknologi informasi masih berkembang saat pesat di segala aspek kehidupan. Dari yang sederhana, hingga yang mutahir. Diberbagai negara maju dan berkembang, hadir teknologi-teknologi baru yang dapat membantu kita dalam hal pekerjaan.
Dengan hadirnya perkembangan teknologi informasi ini, tentunya faktor memiliki dampak positif dan negative yang bisa berdampak dalam kehidupan kita. Kemajuan teknologi televisi, handphone, internet yang dapat berdampak sangat besar bagi kehidupan kita seperti memudahkan kita untuk  mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Dalam dunia pendidikan perkembangan pendidikan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak positif karena dengan berkembangan teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang di rasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang sebelumnya. Sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk mempasilitasinya.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam makalah ini terdapat suatu rumusan masalah. Adapun rumusan masalah yang terdapat pada makalah ini diantaranya :
  1. Apa definisi teknologi informasi ?
  2. Bagaimana sejarah perkembangan teknologi informasi ?
  3. Bagaimana dampak perkembangan teknologi informasi ?

1.3  Tujuan Pembahasan
Berdasarkan perumusan masalah tujuan dari makalah ini untuk mengetahui ;
a.       Definisi teknologi informasi
b.      Sejarah perkembangan teknologi informasi
c.       Dampak perkembangan teknologi informasi

1.4  Sistematika Pembahasan
Sistematika pembahasan dalam penyusunan makalah ini terbagi dalam tiga bab sebagai berikut :
a.       BAB I pendahuluan yang mengulas latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan sistematika pembahasan.
b.      BAB II perkembangan teknologi informasi meliputi definisi teknologi informasi, sejarah perkembangan teknologi informasi, dampak perkembangan teknologi informasi.
c.       BAB IV penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.










BAB II
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
2.1 Definisi Teknologi Informasi
Teknologi Informasi dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Dalam ruang lingkup yang luas teknologi informasi dapat diartikan sebagai suatu teknologi yang difungsikan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Adapun definisi teknologi informasi menurut para ahli sebagai berikut :
a)      Willianms dan Sawyer (2003)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan computer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara, dan video.
b)      Lucas (2000)
Teknologi informasi adalah  segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirim informasi dalam bentuk elekronis.
c)      Martin (1999)
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada TI ( hardware dan software ) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi.
d)     Haag dan Keen (1996)
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
2.2 Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
Ada beberapa temuan dari sekian banyak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan teknologi informasi hingga saat ini, yang tentunya sangat berguna dan sangat berpengaruh bagi kemajuan manusia untuk kedepanya, baik didalam hal komunikasi atau dalam hal mendapatkan informasi misalnya temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.
Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.
Komputer temuan elektronik pertama yang beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.
Bahkan perkembangan teknologi informasi ini sudah ada pada masa prasejarah sebagai bentuk awal dari komunikasi pada saat itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Kemudian manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak sampai disitu penelitan terus dilakukan untuk menemukan alat-alat yang mampu memudahkan hidup manusia.

2.3 Dampak Perkembangan Teknologi Informasi
Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi merupakan penanda adanya proses pembangunan yang sedang berlangsung, dan dapat mempengaruhi atau meningkatkan tatanan hidup masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik. Perbaikan dan peningkatan kehidupan masyarakat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi ini selanjutnya akan mengarah pada perubahan sosial dan budaya. Sebelumnya perubahan-perubahan tersebut merupakan hal yang wajar, namun pada beberapa hal, menimbulkan sikap pro dan kontra diantara masyarakat.
Munculnya sikap pro dan kontra tersebut dipengaruhi oleh dampak yang dihasilkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Perkembangan Teknologi Informasi yang sudah sedemikian pesatnya sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya. Dampak positif dan negatif sudah pasti ada dan sudah sewajarnya kita mewaspadai. Dukungan teknologi informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagi kepentingan dapat disebarluaskan dengan mudah, sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu masyarakat bahkan perseorangan.
Dampak positif teknologi informasi adalah perubahan tata nilai dan pola berpikir, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan tingkat kehidupan yang lebih baik. Beberapa dampak positif teknologi informasi sebagai berikut :
1.      Kemajuan dibidang pendidikan dengan berkembangnya kesempatan belajar serta bertambahnya tenaga ahli dan terampil.
2.      Munculnya bentuk-bentuk integrasi formal di bidang politik, pemerintahan, hukum dan ekonomi.
3.      Kemudahan komunikasi dan transportasi sehingga masyarakat yang tempat tinggalnya berjauhan dapat bertemu dan berbicara setiap saat dengan mudah.
4.      Etos kerja tradisional komunikasi yang hanya menggantungkan diri kepada nasib berubah menjadi etos kerja yang dinamis, ulet, optimis, dan terencana.
Selain itu, adanya perkembangan teknologi informasi secara modern sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang rasional. Cara berpikir masyarakat yang rasional diakibatkan karena dengan adanya perkembangan teknologi informasi, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi dari segala sumber dengan cepat dan mudah.
Adapun dampak negative yang timbul dari perkembangan teknologi informasi seperti berikut :
1.      Unsur-unsur adat makin memudar, terutama yang berhubungan dengan religi dan kepercayaan.
2.      Ikatan kerabat dan keluarga luas semakin melemah dan bergeser hanya ke keluarga inti.
3.      Pengetahuan tradisional, misalnya pengobatan tradisional, semakin terlupakan.
4.      Moral masyarakat mengalami degradasi karena orang akan begitu mudah memproduksi barang dan jasa tanpa memikirkan efek negative nya.
5.      Budaya asing semakin mudah masuk sehingga dapat melunturkan kecintaan terhadap budaya lokal.
Kemampuan dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat mereka tidak hanya siap menghadapi masa depan. Bisa dikatakan, kecanggihan teknologi tidak semata-mata berorientasi pada penataan kehidupan masa kini, tetapi juga mampu mengantisipasi penataan kehidupan dimasa mendatang.









     
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Perkembangan teknologi informasi bukanlah sebuah hal yang asing kita jumpai pada zaman modern ini yang tentunya berbeda dengan perkembangan teknologi informasi pada zaman dahulu. Teknologi informasi ini juga memiliki manfaat dan keuntungan tersendiri bagi kita umat manusia yang menggunakannya, karena dengan adanya teknologi informasi ini sebuah pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah, kita juga bisa mendapatkan informasi yang kita inginkan dengan sangat mudah dan cepat dimana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
            Namun disamping itu dari semua hal-hal baik yang dapat kita rasakan terdapat beberapa hal yang berdampak negative bagi kehidupan kita seperti rusaknya moral masyarakat karena kurangannya pengetahuan untuk mengolah sebuah informasi dengan baik dan benar.
3.2 Saran
            Saran yang dapat diberikan untuk masyarakat di Indonesia supaya memulai sedikit demi sedikit untuk dapat menggunakan teknologi informasi yang sangat berkembang begitu pesat ini dengan cara dan sikap yang sebaik-baiknya, supaya terciptanya hal yang diharapkan untuk memajukan kesejahteraan kita sebagai umat manusia tanpa menimbulkan hal yang tidak kita harapkan.









DAFTAR PUSTAKA


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://www.gurupendidikan.com/10-pengertian-teknologi-informasi-menurut-para-ahli/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
https://daridakhoridatus.wordpress.com/2015/01/12/dampak-kemajuan-iptek-terhadap-perkembangan-manusia/


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus dan bermanfaat ,
mungkin di tambah lagi penjelasan nya lebih bagus lagi ,,
terima kasih dan kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id ,
thanks