Blogger Widgets Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015 Pengantar Teknologi Informasi STMIK Sumedang 2015: Smart Card ( Tugas Kelompok )

Search Engine

Jumat, 08 Januari 2016

Smart Card ( Tugas Kelompok )

SMART CARD
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Prodi Tekhnik Informatika




Oleh :
Afif Waliyudin (A2.1500005)
Heri Kuswanto (A2.1500047)
Toni Iskandar (A2.1500091)
Exa Rahmasakti (A2.1500035)
Muhammad Nurul Hidayat (A2.1500059)
TI – 1CK

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER


2015








KATA PENGANTAR
          Puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Perkembangan Teknologi Informasi”.
            Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer. Di samping itu, penulis juga berharap Makalah ini mampu memberikan kontribusi dalam menunjang pengetahuan para Mahasiswa pada khususnya dan pihak lain pada umumnya.
            Dengan terselesaikannya Makalah ini, penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.    Bapak Deris Santika, S.Kom. Selaku Dosen Pengantar Teknologi Informasi.
2.    Seluruh Dosen STMIK Sumedang Atas Segala Ilmu Yang Telah Diberikan Kepada Penulis.
3.    Seluruh Mahasiswa STMIK Sumedang Khususnya Prodi TI – 1CK Yang Telah Membantu Banyak Hal Atas Terselesaikanya Makalah Ini.
4.    Kedua orang tua tercinta beserta semua keluarga yang senantiasa mendukung dan memberi semangat kepada penulis.
5.    Semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam proses pembuatan Makalah.
Penulis menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan pembuatan Makalah ini.
Semoga Makalah ini bermanfaat bagi semua. Amin.


Sumedang, 8 November 2015


Penulis




                                         






DAFTAR ISI
Kata Pengantar ..............................................................................................  i
Daftar Isi ........................................................................................................  iii
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................  1
1.1 Latar Belakang ..........................................................................................  1
1.2 Rumusan Masalah ......................................................................................  2
1.3 Tujuan Pembahasan ...................................................................................  3
1.4 Sistematika Pembahasan ............................................................................  3
BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................  4
2.1 Apa itu Smart Card? ..................................................................................  4
2.2 Manfaat Smart Card bagi Dunia Bisnis .....................................................  7
2.3 Dampak Positif dan Negatif dengan Adanya Smart Card ........................  8
BAB III PENUTUP ......................................................................................  9
3.1 Kesimpulan ................................................................................................  9
3.2 Saran ..........................................................................................................  10
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................  12




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Salah satu tuntutan yang dihadapi dunia bisnis maupun institusi pelayanan publik saat ini adalah menciptakan sistem pelayanan publik yang memberikan kemudahan dalam tukar menukar informasi, transaksi secara cepat, mudah dan transparan, serta memiliki mobilitas tinggi. Hal tersebut memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup bisnis maupun keefektipan kinerja konstitusi karena berpengaruh terhadap mutu produk atau pelayanan yang diberikan.
Smart card diciptakan untuk menjadi solusi bagi problem tersebut. Teknologi ini menawarkan banyak manfaat signifikan bagi para penyedia dan pengguna jasa. Mobilitas tinggi didapatkan dari ukuran fisik yang kecil dengan dimensi chip hanya 85,6 mm x 54 mm. kestabilan dan kecepatan dapat dioptimalkan dengan makin banyaknya Bahasa pemrograman yang mendukungnya. Pemanfaatan smart card dapat diaplikasikan diberbagai bidang. Baik itu pendidikan, kesehatan, pelayanan umum, keamanan computer, transaksi keuangan dan sebagainya. Ruang pemanfaatan smart card yang mencakup bidang yang sangat luas tersebut akan memberikan peluang besar bagi pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis Smart card di berbagai sektor yang belum menggunakan teknologi tersebut.
Permasalahan yang kemudian timbul adalah fleksibelitas dan kemudahan untuk pengembangan aplikasi berbasis smart card. Para pengembang aplikasi yang ingin mengembangkan aplikasi yang berbasis smart card yang sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi berbasis smart card akan membutuhkan waktu untuk mempelajari teknik pemrograman untuk menghubungkan antara aplikasi yang akan dibuatnya dengan sebuah perangkat smart card. Masing-masing Bahasa pemrograman tentunya memiliki perintah program yang berbeda untuk mengembangkan aplikasi berbasis smart card. Sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup untuk mempelajarinya terutama yang belum menguasai Bahasa yang mendukung pemrograman smart card ACR122U seperti Borland Delphi 7, Java, Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft Visual Basic.NET 2005, Microsoft Visual C#.2005, Microsoft Visual C++ 6.0, Microsoft Visual C++ 2005, sehingga mengembangkan aplikasi berbasis smart card akan membutuhkan waktu yang lebih panjang apalagi jika kompetensi pengembang adalah dibidang Bahasa pemrograman yang tidak atau belum mendukung pemrograman smart card ACR 122U tentunya akan sulit untuk mengembangkan aplikasi yang melibatkan smart card dengan kompetensi Bahasa pemrograman yang dimilikinya tersebut.
Untuk itu pengembangan aplikasi interface (penghubung) antara PC dengan smart card yang fleksibel, yang mampu mengkomunikasikan smart card, smart card reader dengan aplikasi yang akan dikembangkan dengan berbagai Bahasa pemrograman yang akan berbeda akan membantu kemudahan dalam pengembangan aplikasi-aplikasi lain berbasis smart card.
2.1    Rumusan Masalah
1.         Apa itu Smart Card?
2.         Apa manfaat Smart Card bagi dunia bisnis?
3.         Apa dampak positif dan negatif dengan adanya Smart Card?
3.1    Tujuan Pembahasan
1.         Smart Card
2.         Manfaat Smart Card bagi dunia bisnis
3.         Dampak positif dan negatif dengan adanya Smart Card
4.1    Sistematika Pembahasan
Sistematika dalam penulisan makalah ini terbagi dalam tiga Bab sebagai berikut:
a.              BAB I pendahuluan yang mengulas latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan pembahasan, dan sistematika pmbahasan.
b.             BAB II Pembahasan yang meliputi tentang apa itu smart card, manfaat smart card bagi dunia bisnis, dan dampak positif dan negatif dengan adanya smart card.
c.              BAB III Penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1    Smart Card
Smart card adalah sebuah perangkat penyimpanan dengan mekanik inti untuk memfasilitasi komunikasi dengan pembaca atau coupler yang dapat  diakses oleh aplikasi yang dapat berbicara ke kartu lainnya. Kemampuan ini memungkinkan kartu untuk menyimpan beberapa rahasia pemiliknya, seperti kunci pribadi terkait dengan sertifikat yang dimilikinya. Smart card itu sendiri berisi CPU dan beberapa penyimpanan non-volatile yang memiliki konfigurasi file sistem dan kemampuan yang dibagi menjadi ruang untuk  publik dan untuk keperluan pribadi yang bentuknya rahasia, smart card juga memiliki area terpisah untuk informasi yang dilindungi, seperti sertifikat, e-dompet, dan seluruh sistem operasi.
Smart card saat ini datang dalam dua bentuk, Contact Card dan Contactless:
1.        Contact Cards
Contact Card ini memerlukan pembaca untuk memudahkan koneksi dua arah. Kartu ini harus dimasukkan ke dalam perangkat yang menyentuh titik kontak pada kartu, yang memfasilitasi komunikasi dengan chip kartu. Kartu kontak datang dalam 3-volt dan 5-volt model, seperti halnya CPU desktop saat ini.
 Pembaca kartu kontak biasanya dibangun ke perusahaan atau bangunan-vendor yang dimiliki dan aset, telepon selular, perangkat genggam, perangkat yang berdiri sendiri yang terhubung ke serial desktop komputer atau Universal Serial Port Bus (USB), slot kartu laptop, dan keyboard.

2.        Contactless Cards
Contactless Cards ini menggunakan skrup dekat untuk mendapatkan informasi ke dan dari chip kartu. Antena adalah alat di sekitar kartu dan aktif saat kartu terpancar dalam jarak tertentu dari coupler. Konfigurasi antena kartu dan coupler memfasilitasi negara terhubung dari beberapa sentimeter hingga beberapa kaki.
Transmisi dua arah dikodekan dan dapat dienkripsi dengan menggunakan kombinasi kartu algoritma Chip vendor; nomor sesi acak; dan sertifikat pemegang kartu, kunci rahasia atau Personal Identification Number (PIN). Kecanggihan sambungan ini dapat memfasilitasi koneksi terpisah dan diskrit dengan beberapa kartu yang harus berada dalam jangkauan coupler. Karena kartu contactless tidak memerlukan kontak fisik dengan pembaca, kisaran kegunaan sangatlah luas.
Standar internasional mengatur karakteristik fisik kartu pintar. Misalnya,  ukuran kartu ditutupi oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau International Organization for Standardization  (ISO) 7810. ISO 7816 dan standar berikutnya mencakup parameter manufaktur, karakteristik fisik dan listrik, lokasi titik kontak, protokol komunikasi, penyimpanan data, dan banyak lagi. Tata letak data dan format yang dapat bervariasi dari vendor ke vendor.
Selain standar fisik dan manufaktur, peningkatan jumlah standar yang ada untuk aplikasi vendor tertentu. Vendor kartu kredit, vendor telepon selular, lembaga kredit, dan lembaga debit adalah contoh organisasi yang menyesuaikan aplikasi kartu pintar dan prosedur diarahkan secara eksklusif untuk layanan yang mereka tawarkan dan perusahaan yang menggunakannya untuk berbisnis.
Microsoft Windows untuk sistem operasi Smart Card adalah arsitektur berbasis komponen yang mendukung beberapa chip kartu dan platform. Didukung oleh meningkatnya jumlah produsen kartu dan vendor. Pengembang dapat mengintegrasikan antarmuka pemrograman aplikasi (API) dan toolkit terkait ke dalam lingkungan yang sudah akrab bagi mereka. Anda dapat memperoleh kartu dengan Windows untuk Smart Card dari berbagai sumber. Anda dapat mengembangkan aplikasi kartu pintar dengan menggunakan sistem seperti Microsoft Visual Basic dan Microsoft Visual C ++. Microsoft bekerja dengan Windows untuk Smart Card-compliant vendor, pihak ketiga untuk menyediakan alat-alat manajemen perusahaan yang kompatibel dengan Microsoft Windows 2000 dan kemudian sistem operasi ini akan memberikan fitur administrasi tambahan, seperti kemampuan untuk jarak jauh mengatur ulang PIN.
Sejumlah vendor menyediakan dukungan dan standar lainnya dari Windows untuk Smart Card. Sun Microsystems telah diterbitkan dan saat ini mempertahankan spesifikasi dari Windows untuk Smart Card dan "Java Card". Gemplus dan Schlumberger juga mendukung Windows untuk Smart Card, selain sistem operasi kartu mereka sendiri, mereka juga menjabarkan spesifikasi dari “Java Card” ini.



2.2    Manfaat Smart Card bagi dunia bisnis
Smart Card adalah sebuah tekhnologi yang sangat spesial pada masa kini. Dizaman modern ini smart card tentu sangat dibutuhkan oleh setiap orang, dengan fasilitasnya sang sangat membantu, smart card semakin menjadi pedoman atau alat yang menjadi pegangan bagi setiap umat manusia.
Saat ini smart card dapat digunakan oleh para pengusaha penfusaha besar. Sebuah perusahaan pasti membutuhkan komunikasi atau kerjasama antar perusahaan lain. Berikut sebagian manfaat smart card bagi dunia bisnis :
1.        Sebagai Alat Komunikasi
Smart card berguna bagi dunia bisnis sebagai alat komunikasi. Contohnya bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh antar perusahaan ke perusahaan lainnya. Hal ini sangat berguna sekali karena sangat efisien untuk menghemat waktu dan tempat untuk berkomunikasi apabila ada keperluan yang mendadak dan tidak bisa ditinggalkan. Dengan fasilitas yang diberikan alat ini kita tetap bisa berkomunikasi atau berbisnis walaupun tidak bertatap muka secara langsung.
2.        Sebagai Alat Persentasi Perusahaan
Dengan smart card ini persentasi perusahaan jauh lebih mudah digunakan tanpa melalui tambahan perangkat apapun¸contohnya dalam hal mengirim file persentasi yang akan di tampilkan. Kita dapat langsung menampilkan file yang akan dipersentasikan cukup dengan menggeser data atau file dari layar smart card ke dinding sensor (layar persentasi).


3.        Sebagai Alat untuk Mengingatkan Jadwal Penting Perusahaan
Keunggulan lainnya dari alat ini adalah kita tidak perlu lagi melihat jadwal dengan alat lain seperti membuka kalender atau alat pengingat lainnya. Dengan smart card ini secara otomatis akan menampilkan jadwal yang akan datang dengan tampilan sensor digital secara otomatis diluar layar smart card tersebut tanpa kita harus mengoperasikan terlebih dahulu alat tersebut.
2.3    Dampak Positif dan Negatif Smart Card
a)    Dampak Positif Smart Card
·         Mempermudah berkomunikasi dengan cepat.
·         Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam berbagai bidang.
·         Mempermudah mendapatkan informasi dimanapun dan kapanpun.
·         Mempermudah pekerjaan secara cepat dan efisien.
·         Mempermudah akses data dengan cepat dan mudah.
b)   Dampak Negatif Smart Card
·         Selalu mencari jalan yang mudah atau instant.
·         Membuat kita menjadi malas.
·         Menimbulkan radiasi yang sangat besar.
·         Canggihnya teknologi yang membuat kita enggan berolahraga.
·         Berkurangnya lahan hijau karna dipenuhi dinding sensorik digital.




BAB III
PENUTUP
1.1    Kesimpulan
Smart card adalah sebuah perangkat penyimpanan dengan mekanik inti untuk memfasilitasi komunikasi dengan pembaca atau coupler yang dapat  diakses oleh aplikasi yang dapat berbicara ke kartu lainnya. Smart card saat ini datang dalam dua bentuk, Contact Cards dan contactless. Contact Card ini memerlukan pembaca untuk memudahkan koneksi dua arah. Contactless Cards ini menggunakan skrup dekat untuk mendapatkan informasi ke dan dari chip kartu.
Kemudian manfaat smart card bagi dunia bisnis :
1.        Sebagai Alat Komunikasi.
2.        Sebagai Alat Persentrasi Perusahaan.
3.        Sebagai Alat untuk Mengingatkan Jadwal Penting Perusahaan.
Dampak Positif dan Negatif Smart Card
a)        Dampak Positif Smart Card
·           Mempermudah berkomunikasi dengan cepat.
·           Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam berbagai bidang.
·           Mempermudah mendapatkan informasi dimanapun dan kapanpun.
·           Mempermudah pekerjaan secara cepat dan efisien.
·           Mempermudah akses data dengan cepat dan mudah.
b)        Dampak Negatif Smart Card
·           Selalu mencari jalan yang mudah atau instant.
·           Membuat kita menjadi malas.
·           Menimbulkan radiasi yang sangat besar.
·           Canggihnya teknologi yang membuat kita enggan berolahraga.
·           Berkurangnya lahan hijau karna dipenuhi dinding sensorik digital
1.2    Saran
Sebagai penutup dalam makalah ini penulis mencoba memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.         Untuk Stmik
Sebaiknya para dosen didalam pembelajaran yang bersangkutan dengan Teknologi Informasi itu lebih ditekankan lagi mengenai bagaimana cara menggunakan teknologi yang baik dan benar. Sehingga mahasiswa akan lebih mudah menerapkan teknologi yang positif di dalam diri mereka masing-masing tanpa harus ada ketakutan didalam diri mereka.
2.        Untuk Mahasiswa
a.    Turuti peraturan-peraturan yang diterapkan oleh dosen, karena dengan menerapkan peraturan itu kita akan mengetahui betapa baiknya dosen terhadap kita, tujuanya agar kita sebagai Mahasiswa Stmik Sumedang menjadi pribadi yang berbudi luhur dan berpengetahuan luas mengenai Iptek.
b.    Kita Mahasiswa Stmik Sumedang sebagai generasi muda harus menjadi generasi penerus bangsa dengan cara giat belajar dan berlatih tentang ilmu pengetahuan teknologi agar menjadi mahasiswa-mahasiswi yang cerdas dan terampil.
c.    Kita sebagai warga negara Indonesia harus selalu juga melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Perkenalkan bahwa dengan majunya teknologi informasi sekalipun, budaya di tanah air tercinta ini akan semakin jaya dan mendunia.
d.   Penulis berharap bahwa dengan berkembangnya teknologi informasi semua masyarakat khususnya masyarakat Indonesia dari kalangan bawah, menengah, maupun atas dapat menggunakan teknologi informasi ini dengan sebaik baiknya. Dan jadilah pengguna yang cerdas untuk melahirkan suasana didalam masyarakat yang damai dan makmur.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar: